MANFAAT MAKAN IKAN UNTUK KESEHATAN

Definisi Ikan

Binatang bertulang belakang yang hidup di air, berdarah dingin, umumnya bernapas dengan insang, biasanya tubuhnya bersisik, bergerak dan menjaga keseimbangan badannya dengan menggunakan sirip; atau segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati perairan, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntungkan sebagai makanan bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Kandungan Nutrisi Ikan

Asam lemak Omega-3 yaitu EPA dan DHA, yang berfungsi mencegah aterosklerosis (terutama EPA), melindungi jantung. Keduanya dapat menurunkan secara nyata keluar trigliserida di dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol di dalam hati dan jantung dan merupakan Zat Pencerdas Otak.

Protein 18% terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Kandungan lemaknya 1-20% lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh.

Protein yang Berkualitas Tinggi

Protein dalam ikan tersusun dari asam-asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Selain itu protein  ikan amat mudah dicerna dan diabsorpsi.

Lemak sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterik darah.

Vitamin yang larut dalam air dan terdapat dalam ikan adalah 4 macam vitamin tergolong dalam famili vitamin B, yaitu B6, B12, Biotin dan Niacin.

Mineral-mineral yang terkandung di dalam ikan antara lain magnesium, phosphor, iodium, fluor, zat besi, copper, zinc, dan selenium. Ikan dari laut banyak mengandung ioudium, untuk mencegah penyakit gondok.

Kalsium kecuali kalau bisa dimakan dengan tulangnya. Selenium merupakan mineral yang terdapat dalam ikan dan dalam tubuh kita bekerjasama dengan vitamin E sebagai zat antioksidan untuk memperlambat oksidasi asam-asam lemak tak jenuh. Selenium bersama vitamin E mempertahankan elastisitas jaringan dan bila selenium, kurang di dalam tubuh maka akan terjadi premature daging.

Manfaat Bagian Ikan

Kepala dan Mata ikan mengandung polyscharida yang berfungsi mengontrol aliran darah.

Kulit ikan mengandung vitamin A dan B2 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Daging ikan mengandung protein berkualitas tinggi dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.

Perut ikan mengandung lemak omega-3(EPA) yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolestrol.

Tulang ikan mengandung kalsium dan kolagen yang sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Minyak ikan mengandung DHA(Docahexaenoic Acid) yang sangat penting dalam pertumbuhan otak serta perkembangan retina mata

Salah satu kandungan bermanfaat dalam sirip ikan hiu adalah kartilago atau tulan rawan, yang diyakini mampu memperbaiki kekebalan tubuh