Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata, pemerintah telah melakukan berbagai penyempurnaan melalui upaya peningkatan kualitas hubungan keuangan pusat dan daerah. Upaya peningkatan kualitas tersebut diwujudkan dalam bentuk penguatan taxing power ke daerah, peningkatan besaran dan formulasi dana desentralisasi, dana dekonsentrasi, tugas pembantuan dan DAK serta mekanisme pinjaman dan hibah ke daerah.

Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya sebagai kawasan utama pengembangan kegiatan usaha perikanan tangkap di Provinsi Kalimantan Barat pada saat ini tengah bergeliat menampakkan potensi perekonomiannya yang semakin menggeliat lebih maju. Sungai Kakap selain terkenal karena memiliki Pangkalan Pendaratan Ikan Sungai Kakap, Wisata kuliner berbasis Seafood, pusat pengolahan kerupuk ikan dan udang, pada saat ini Sungai Kakap juga merupakan daerah sentra kegiatan usaha pengolahan rajungan, khususnya pengolahan daging rajungan dengan tujuan ekspor.

Pro dan kontra dengan keberadaan kapal ikan andon di Provinsi Kalimantan Barat selalui menjadi topik yang hangat dah hit. Kenapa topik ini selalu hangat dan hit....? Tentu masyarakat awam pun sudah mengetahui hal ini, karena berkaitan langsung dengan perekonomian dan hajat hidup masyarakat banyak terutama yang berprofesi sebagai nelayan. 

Masyarakat di Kecamatan Sungai Kakap, khususnya di desa Jeruju Besar secara mandiri sudah bergeliat melakukan usaha budidaya ikan dalam karamba tancap dengan mengoptimalkan aliran air sungai yang berada didepan halaman rumahnya. Berdasarkan pengamatan penulis disepanjang sungai di Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap hampir disepanjang sungai yang ada didepan rumah penduduk sebagian besar telah berkembang budidaya ikan dalam karamba tancap. kesadaran masyarakat setempat untuk melakukan usaha budidaya ikan dalam karamba tancap tidak terlepas dari tanggung jawab kepala rumah tangga masyarakat di desa Jeruju Besar untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya menuju kehidupan yang lebih sejahtera. 

Hampir setiap tahun di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat yang dimotori oleh para Penangkar dan Pe-Hobbies Ikan Arwana Super Red (Sceleropages legendrei) Kota Pontianak mengadakan pameran ikan arwana super red level internasional. Pada kesempatan tahun 2015 ini pameran ikan arwana super red ini dilaksanakan di gedung Pontianak Convention Center (PCC) dari tanggal 14 s/d 17 April 2015. Kegiatan pameran ikan hias arwana super red ini juga diwarnai dengan kontes atau perlombaan berkaitan dengan kecantikan, keindahan dan keunikan ikan arwana super red dengan berbagai katagori antara lain sbb: ukuran kecil, sedang dan besar dengan hadiah utama berupa sebuah mobil dan piala.