Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Barat Bantu Bibit Rumput Laut Hasil Kultur Jaringan

 

Gambar : Pembudidaya di Pulau Lemukutan merakit bibit rumput laut

 

DKP Provinsi Kalbar, 29 Maret 2019

Rumput laut menjadi komoditas andalan untuk menggenjot produksi perikanan budidaya. Selama tiga tahun terakhir, perkembangan rumput laut mulai berkurang terutama di Kabupaten Bengkayang, penyebabnya karena pembudidaya kesulitan dalam memasarkan rumput laut. Namun saat ini budidaya rumput laut kembali menggeliat, pasar rumput laut Kalbar kembali terbuka dengan adanya pembeli yang berencana membeli rumput laut hasil pembudidaya di Kalimantan Barat dan membantu pembudidaya dalam penggunaan teknologi budidaya rumput laut. Di tahun depan, diharapkan produksi rumput laut Kalbar kembali mengeliat sehingga dapat mendongkrak peningkatan produksi perikanan budidaya di Kalbar. Supaya peningkatan produksi terwujud, usaha budidaya rumput laut akan menerapkan teknik kultur jaringan. Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengatakan, teknik kultur jaringan sangat baik dikembangkan, karena menuai hasil produksi yang positif.

 

DKP Prov. Kalbar melalui anggaran DAK Tahun 2019 siap menyalurkan bantuan bibit rumput laut hasil kultur jaringan ke kelompok pembudidaya rumput laut. Bantuan disalurkan kepada kelompok pembudidaya di Kabupaten Kayong Utara sesuai proposal yang masuk ke DKP Prov. Kalbar pada tahun 2018 dan kesesuaian perairan untuk budidaya rumput laut. Bantuan bibit rumput laut kultur jaringan ini baru pertama kali diberikan ke kelompok pembudidaya rumput laut.

 

Bantuan yang akan disalurkan ke pembudidaya adalah sebanyak 5 paket dimana satu paket nilainya Rp. 40 juta.  Diharapkan perkembangan budidaya rumput laut kultur jaringan ini bisa diterapkan di semua Kabupaten yang mempunyai potensi pengembangan rumput laut.  Jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan saat ini adalah jenis Euchema Cottoni. Bibit-nya didatangkan dari Balai Budidaya Air Payau Lampung.

Diharapkan calon penerima bantuan bener-benar serius dalam mengembangkan budidaya rumput laut secara berkelanjutan, dan dapat bekerja sama dengan koperasi  untuk memasarkan hasil budidaya tersebut, agar program ini dapat tercapai.

 

Red. Bidang Perikanan Budidaya